Social Icons

Pages

17 April 2014

Contoh Karangan Narasi



                                                         CERITA KESEHARIANKU

        Hai, teman-teman! Namaku Aziz, aku adalah anak ke-4 dari 5 bersaudara. Ayahku bekerja sebagai petani dan Ibuku bekerja sebagai ibu rumah tangga. Aku tinggal disebuah desa yang dekat dengan sungai Ciherang, meskipun seringkali banjir setiap musim penghujan, namun aku dan keluargaku tidak ingin pindah dari desa ini, karena disinilah tempatku dan keluargaku dibesarkan.
Setiap hari, aku dibangunkan Ibu pada pukul 04.30. Kata Ibu, aku harus bangun lebih awal sebelum adzan subuh berkumandang, agar aku dapat bersiap-siap untuk sholat subuh berjamaah di masjid. Ayah selalu mengajakku shoat subuh sembari belajar membaca Al-quran bersama teman-teman setelah sholat subuh. Meskipun Ayah sangat sederhana, namun kehebatannya dalam membaca Alquran membuat aku selalu bangga.
Setelah sholat subuh dan belajar membaca Al-quran, sekitar pukul 06.00 aku kembali ke rumah untuk bersiap-siap berangkat ke sekolah. Akupun mandi dan membantu Ibu mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Setelah semuanya rapi, pukul 06.30 aku berangkat ke sekolah diantar ayah menggunakan sepeda tua kebanggaannya. Disepanjang jalan, ayah selalu bercerita tentang masa kecilnya dulu. Jarak yang jauhpun terasa dekat karena cerita ayah selalu seru dan tak membosankan.
Pukul 07.00 aku tiba disekolah dan berpamitan dengan Ayah, Ayahpun kembali mengayuh sepedanya untuk pergi ke sawah. Aku duduk dikelas lima, guru dan teman-temanku sangat ramah. Alhamdulillah, meskipun serba kekurangan, aku berhasil meraih peringkat pertama sejak kelas 1 SD. Kata ibu, semangat belajar lebih mahal harganya daripada benda apapun. Aku selalu belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh karena dukungan dari ayah dan ibu.
Sepulang sekolah, biasanya aku sholat dzuhur dan makan siang, kemudian pergi ke sawah untuk mengantarkan makanan kepada ayah. Di gubuk sawah, aku mengerjakan PR yang diberikan ibu guru disekolah, aku tidak mauu menunda-nunda PR, soalnya kalau ditunda, malah jadi lupa. Sekitar jam 17.00, aku dan Ayah pulang kerumah untuk melepas lelah. Ibupun telah menyediakan makanan yang enak-enak untuk kami.
Setelah sholat magrib, aku membaca Alquran sampai adzan isya berkumandang, kemudian aku membaca pelajaran yang akan dipelajari besok. Hmmm... inilah cerita harianku, bagaimana denganmu?

Contoh karangan narasi,,, (mereun) :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Instrumen

LEAF

,
 
Blogger Templates